Pelatihan atau training dalam pengembangan SDM mempunyai dua dimensi utama yaitu dimensi personal dan organisasional.  Keduanya harus dikembangkan secara tepat, simultan dan berkelanjutan, dengan demikian perusahaan bisa menjadi learning organization dan tumbuh-berkembang-maju,  karena didukung oleh karyawan yang terus menurus mempelajari hal-hal baru dan mengaplikasikannya dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

Untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik terhadap para konsumen, KSP. Mitra Usaha Kecil (MUK) melaksanakan pelatihan Manajemen Koperasi. Acara ini dibuka Ketua MUK, drh. IGNB Rai Mulyawan S.A bertempat di Kantor Pusat MUK, Senin (17/6). Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari yang diikuti oleh semua Team Manajemen dan Calon Kepala Unit.

Manajemen MUK merasa perlu adanya pengembangan kapasitas para pemimpin cabang dan unit yang baru dan telah meminta bantuan Microsave melaksanakan Branch Management Training.

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan akan mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari Kepala cabang dan unit. Selain itu maksud dan tujuan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan Team Manajemen MUK dalam mengelola manajemen organisasi maupun usaha secara bertahap dan terarah sehingga diharapkan nantinya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para anggota koperasi khususnya dan masyarakat pada umumnya.